Kamis, 27 Maret 2014

Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air

Cara Mengatasi Laptop Mati Terkena Air

 Memperbaiki Laptop
Cara Mengatasi Laptop Terkena Air, Pernahkah anda mengalami insiden yang tak terduga yaitu laptop terkena air baik itu kopi maupun teh. Jika hal tersebut terjadi anda jangan panik dulu, ada beberapa tips atau langkah-langkah yang harus kamu lakukan jika laptop terkena air.
Lakukan hal berikut ini untuk mencegah hal yang lebih fatal jika laptop terkena air,khususnya di bagian bagian yang memungkinkan air merembes masuk seperti misalnya di bagian keyboard.

Mengatasi Laptop Terkena Air Tidak Bisa Nyala

  1. Sesegera mungkin matikan laptop anda dengan cara mencabut power listrik PLN dan baterai laptop dicabut untuk mencegah terjadinya konsleting pada rangkaian dalam laptop.
  2. Lepaskan semua perangkat yang terhubung ke laptop untuk untuk mencegah terjadi konslet maka tidak merembet ke perangkat lainnya.
  3. Segera balikkan laptop sehingga air yang mungkin masuk bisa turun dan tidak menyebar ke bagian internal lain di dalam laptop. Namun jika sudah terlanjur banyak air yang masuk ke dalam, mau tidak mau anda harus membongkar bagian laptop, khususnya usahakan untuk bisa membuka keyboard karena bagian tersebut pastinya adalah yang paling mungkin menjadi tempat merembesnya air. Selain itu dengan membongkar bagian laptop akan memudahkan udara masuk ke dalam sehingga mempercepat proses pengeringan air.
  4. cara mengatasi laptop terkena air
  5. Pakailah kain dengan daya serap yang tinggi pada bagian bagian yang bisa terjangkau dan usahakan bagian-bagian tersebut bisa kering. Jika tidak terjangkau gunakan cotton buds dengan lembut.
  6. Jika laptop anda terdapat stiker atau aksesoris, segera lepas stiker tersebut jika memang mungkin terdapat air disitu dan suatu saat bisa merembes ke bagian internal laptop.
  7. Jika terkena tumpahan kopi atau cairan lain yang meninggalkan sisa / residu, gunakan cotton buds untuk membersihkannya.Karena residu tersebut bisa saja menahan air untuk tetap berada di dalam bagian internal laptop.
  8. Baca Juga : Cara Memperbaiki Laptop Yang Mati Total
  9. Masih dalam laptop dengan keadaan terbuka, angin-anginkan laptop supaya proses pengeringan lebih cepat dan jangan gunakan hair dryer karena perangkat tersebut mengeluarkan panas, sehingga air bisa menguap dan uap tersebut bisa menyebar dengan cepat di bagian dalam laptop.
  10. Jika anda sudah yakin kering maka rakit kembali komponen laptop dan coba untuk menghidupkan laptop tersebut apakah bisa nyala atau tidak. Dan jika laptop tersebut tidak nyala segera hubungi service center untuk laptop anda dan informasikan bahwa laptop anda kena air untuk memudahkan teknisi dalam proses perbaikan. Perlu diketahui bahwa walaupun laptop masih dalam masa garansi tetapi jika terjadi kerusakan karena tumpahan air maka garansi tersebut tidak akan berlaku.
Semoga informasi mengenai cara pencegahan laptop tersiram air bisa menjadi hal yang bermanfaat.